Tahukah Mak ternyata Kampanye #KejuAsliCheck persembahan KRAFT ini mengajak para ibu untuk pintar dalam memilih keju cheddar asli dan berkualitas lho. Campaign keren ini bahkan dikemas secara profesional dan ringan sehingga benar-benar membuat kita makin melek dengan semua yang berhubungan dengan keju cheddar.

Tidak saja mengajak kita mengerti dari sisi
jenis keju saja, tapi juga komposisi yang tepat, nutrisi, label pangan, kehalalan dan banyak lagi. Apalagi keju cheddar merupakan jenis keju yang paling familiar di lidah kita masyarakat Indonesia. Jadi wajib nih kita ketahui lebih dalam. Yuk kita bahas satu per satu!

Asal Mula Ditemukannya Keju

Masya Allah tahukah Mak, dilansir
Wikipedia bahwa keju merupakan makanan kuno yang sudah diproduksi sejak zaman prasejarah, tapi memang belum ada bukti pasti kapan pembuatan keju pertama kali.
Kemudian sejak manusia prasejarah mulai berpindah dari gaya hidup nomaden menjadi peternak sapi, domba dan kambing. Darisinilah awal mereka mulai mengenal susu dan kegunaannya.

Semakin hari produksi susu semakin meningkat sehingga mereka menyimpan di dalam bejana yang terbuat dari tanah liat dan kayu. Tetapi karena disimpan secara tradisional, tidak terjaga kebersihannya dan terkena sinar matahari langsung. Susu-susu tersebut berubah rasa menjadi asam tapi masih layak makan. Inilah yang saat ini kita kenal dengan sour cream cheese (keju krim asam).

Tetapi untuk keju krim manis (sweet Cream cheese) sendiri itu ditemukan oleh pemburu yang membunuh anak sapi. Ketika perut anak sapi itu dibelah  ditemukan Mereka membuka perut sapi tersebut dan menemukan sesuatu berwarna putih yang ternyata memiliki rasa yang enak. Karena adanya suatu enzim yang bernama rennet di dalam perut sapi, maka susunya pun menjadi kental sehingga menjadi apa yang kita sebut keju saat ini.

Sementara itu, keju pada zaman modern ini mulai dikenal pada abad ke 19 dimana Ferdinand Cohn disebut sebagai orang pertama yang menemukan bahwa proses pematangan keju diarahkan oleh mikroorganisme.

Kemudian makin berkembang banyak riset dan penelitian mengenai keju baik dari segi biologis maupun kimiawi, proses pembuatan menjadi familiar dan umum di masyarakat. Dari sanalah perusahaan kecil hingga peternakan berlomba-lomba memproduksi keju mereka sendiri. Wow, luar biasa sekali perjalanan keju ini ya.

Keju Cheddar, Keju Familiar di Indonesia

Meski saat ini sudah ada 400 jenis keju yang ada di dunia tetapi jenis keju paling familiar bagi masyarakat Indonesia adalah keju cheddar, keju edam, mozzarella, cream cheese, permesan, emmental, racclete, spread cheese dan cheese sauce.

Yup, diantara jenis keju yang ada, keju cheddar berada di urutan pertama dari semua keju yang populer di Indonesia tersebut.

Keju Cheddar yang erasal dari Desa Cheddar di Somerset, Inggris paling diminati di tanah air karena  rasanya yang pas jika saat berpadu dengan aneka makanan.

Apalagi masyarakat Indonesia seperti kita kan Mak, lebih menyukai rasa gurih asin dan rasa itu ada pada keju jenis cheddar.

Keunggulan lain keju jenis ini adalah harganya yang terjangkau, mudah kita peroleh dan bisa kita kreasikan menjadi aneka santapan lezat.

Keju cheddar bisa untuk topping aneka kue kering dan basah, topping makanan gurih maupun manis dan aneka olahan sehat lainnya seperti salad.

Kraft Cheddar, Produk paling populer di Indonesia

Kraft Cheddar, Pilihan Keju No 1 di Indonesia

Meskipun banyak sekali produk keju berjenis cheddar beredar di pasaran. Produk keju dari KRAFT tetap jadi unggulan. Produk keluaran Modelez Indonesia ini menghadirkan produk yang berkualitas dan memiliki rasa yang pas di lidah.

Terbukti hampir seluruh gerai makanan seperti martabak, roti bakar, salad buah, kue kering dan produk makanan lain yang saya lihat menggunakan kemasan biru milik KRAFT ini.

Sederhananya saya pribadi Mak, dulu ingat keju ya ingatnya cuma Kraft. Produk paling familiar bagi saya sejak masih kecil hingga saat ini. Bahkan saya sebagai konsumen jarang memperhatikan komposisi bahan, kandungan nutrisi, label pangan dan hal lainnya.

Cuma masalahnya Mak, makin kesini saya makin galau menentukan pilihan keju terbaik. Apalagi banyak merek keju cheddar lainnya yang beredar di pasar menawarkan harga yang lebih murah. Makin galau deh orang seperti saya. Mau pindah ke lain hati atau tetap setia ya Mak?

Kampanye #KejuAsliCheck Bantu Ibu Pintar Tentukan Pilihan Terbaik

Kembali ke emak galau antara tetap setiap atau selingkuh. Hihi maaf ya Mak emang layangan putus. Akhirnya emak Mubarok makin jatuh cinta pada Cheddar dari Kraft Indonesia.

Kampanye #KejuAsliCheck persembahan Kraft ini membuat kita kian melek dengan per-kejuan utamanya berjenis cheddar.

Hasil Survei KRAFT: 77 % Ibu Tidak Melek Label Pangan

Tahukah Mak berdasarkan hasil survei KRAFT terhadap konsumen yang mengungkap bahwa, 50 persen responden yang merupakan para ibu mengatakan sering mengkonsumsi keju (1 sampai 7 kali dalam seminggu).

Namun, lebih dari 61 persen  tidak tahu jika produk keju cheddar di pasaran tidak semuanya berbahan utama keju cheddar.

Selain itu, terungkap juga bahwa 77 persen ibu mengaku terbiasa melihat label pangan.

Akan tetapi, lebih dari 48 persen  tidak tahu cara membaca susunan komposisi dengan benar.

Kampanye #KejuAsliCheck: Dua Cara Mudah Pilih Keju Berkualitas

Dian Ramadianti selaku Senior Marketing Manager Keju KRAFT menjelaskan, kampanye #KejuAsliCheck ini merupakan inisiatif dari KRAFT, sebagai panduan yang memudahkan para ibu dalam membaca label pangan pada kemasan keju cheddar. Terlebih, tidak semua produk keju cheddar di pasaran berbahan utama keju cheddar.
Berikut dua cara mudah mengetahui kualitas keju:

1. Pastikan Keju pada Urutan Pertama Komposisi (bukan air atau tepung)

Hal pertama yang penting kita lakuka untuk mengetahui kualitas produk adalah mengetahui komposisi yang terkandung di dalam produk keju tersebut.

Seperti Kraft Cheddar yang terbuat dari bahan utama Keju Asli New Zealand ini pada kotak kemasan menuliskan Keju Cheddar sebagai komposisi pertama dalam pembuatannya.

Selain juga dilengkapi dengan nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, serta sumber protein dan Vitamin D.

Dian dalam siaran persnya bahwa di Indonesia, pencantuman label pada produk pangan olahan diatur dalam Peraturan Badan POM No. 31 tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan, untuk memberikan informasi yang benar dan jelas kepada masyarakat tentang setiap produk pangan yang dikemas, sebelum membeli dan atau mengonsumsi pangan.

“Hadirnya kampanye #KejuAsliCheck ini juga sesuai dengan peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), yaitu komposisi bahan baku pada label pangan diurutkan berdasarkan jumlah, dari kandungan yang tertinggi ke rendah. Oleh karena itu, komponen pertama pada komposisi produk keju cheddar idealnya adalah keju cheddar, bukan air ataupun bahan lainnya,” terang Dian.

Kampanye #KejuAsliCheck mengajak kita untuk selalu melihat label pangan pada kemasan

2. Memiliki Klaim Nutrisi pada Kemasan

Cara kedua yang wajib kita lakukan untuk mengetahui keaslian keju Mak, bisa kita lihat pada kemasannya. Pada kemasan kita bisa mengetahui kandungan nutrisi yang ada pada produk keju.

Dr. Rita Ramayulis DCN M.Kes selaku Nutritionist menjelaskan, nutrisi sendiri tentunya memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung proses tumbuh kembang buah hati.

“Berbagai manfaat yang diberikan oleh keju cheddar tentu tak lepas dari kandungan nutrisi yang ada didalamnya, seperti kalsium, protein, dan vitamin D. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Ibu untuk memastikan keju cheddar dengan komposisi yang tepat dan berkualitas,” jelas Dr. Rita.

Penelitian dari National Library of Medicine menunjukkan bahwa produk olahan susu kaya kalsium, salah satunya keju cheddar terbukti dapat meningkatkan kepadatan tulang anak.

Selain itu, keju cheddar juga bisa berperan sebagai sumber energi yang tinggi kalori agar buah hati bisa terus bergerak dan tidak mudah merasa lelah,” tambah Dr. Rita.

Bagaimana Mak? Semoga makin paham ya mengenai standar keju yang berkualitas seperti apa ya. Mulai dari komposisi, nutrisi yang terkandung di dalamnya, label pangan dan tentu saja kehalalan dan tanggal kadaluarsa. Kita wajib cek.

Baca Juga: https://rumahjuwita.com/

Fakta Kraft Cheddar Penuhi Semua Kriteria #KejuAsliCheck

Keju cheddar KRAFT tentunya telah memenuhi semua kriteria sesuai dengan kampanye #KejuAsliCheck yang diinisiasi oleh Kraft.

Berikut Faktanya:

1. Kraft Cheddar terbuat dari bahan utama Keju Asli New Zealand

2. Pada kemasan Keju Cheddar terdapat pada urutan pertama komposisi.

Kampanye #KejuAsliCheck bersama Kraft Cheddar

3. Kraft Cheddar dilengkapi dengan nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, serta sumber protein dan Vitamin D.

4. Kraft Cheddar penuhi kebutuhan nutrisi harian

Jadi mak dengan mengkonsumsi keju cheddar Kraft secara rutin bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Karena Kraft Cheddar mempunyai kandungan yang dapat memenuhi 30 persen kebutuhan kalsium harian, sumber vitamin D dan protein yang merupakan salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Masya Allah. Jadi makin semangat stok Kraft Cheddar di rumah ya Mak!

Dukungan BPOM Terkait Kampanye #KejuAsliCheck Kraft

Tentu saja bagi kita keberadaan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) memiliki peran penting dalam membuat keputusan ketika mengkonsumsi makanan yang beredar di pasar.

Dan luar biasa Kampanye #KejuAsliCheck dari Kraft ini mendapatkan dukungan dan apresiasi dari Badan POM.

Dalam peluncuran kampanye pada Jumat, 3 Desember 2021 lalu, Dra. Indriemayatie Asri Gani,Apt selaku Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Konsumen Badan POM menjelaskan bahwa, Badan POM sangat mengapresiasi kepada setiap pelaku usaha ataupun kepada masyarakat yang secara sukarela melakukan inisiatif untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pangan olahan termasuk khususnya untuk mengecek label pangan.

“Kami berharap dengan hadirnya kegiatan seperti ini dapat mendorong konsumen untuk bisa mengetahui pentingnya tentang membaca label pangan olahan guna mengetahui produk yang itu sesuai dengan kebutuhannya. Jadilah Konsumen yang cerdas dengan tidak lupa checklist, Cek kemasan, Cek label, cek izin edar dan cek kedaluarsa,” jelasnya.

Masya Allah, makin mantap ya Mak pilih Keju Asli untuk keluarga tercinta.

Inspirasi Kraft Cheddar

Tentu saja banyak sekali inspirasi sehat yang bisa kita sajikan untuk keluarga berbahan keju Kraft Cheddar ini.  Mulai dari topping salad, topping aneka kue kering, pizza, jagung manis dan banyak lagi.

Bahkan Kraft di akun Instagramnya @kraft_id menyajikan banyak sekali resep inspirasi Kraft Cheddar. Resepnya juga sangat mudah kita coba dan ramah di lidah kita dan keluarga.

Semoga kita jadi makin paham mengenai Keju Cheddar seperti apa yang berkualitas, layak konsumsi dan tentu saja bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita dan keluarga.

Yuk dukung Serunya Kampanye bersama Kraft. Jadikan para Ibu Melek Nutrisi Keluarga dengan selalu Check label, kemasan, cek kehalalan, izin edar dan tanggal kadaluarsa.

Ingat Keju Cheddar, ingat Kraft Cheddar ya Mak. Semoga tulisan ini bermanfaat dan jangan lupa share-nya agar makin banyak yang teredukasi dengan Kampanye #KejuAsliCheck Kraft ini. []

Referensi:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sejarah_keju

Referensi:


bundakraft.com. Produk KRAFT.  https://www.bundakraft.com/produk

ibuibudoyannulis.com KejuAsliCheck Lembar Fakta. https://ibuibudoyannulis.com/iidnreborn/lomba-blog-kejuaslicheck/.

ibuibudoyannulis.com. KRAFT KejuAsliCheck Siaran Pers https://ibuibudoyannulis.com/iidnreborn/lomba-blog-kejuaslicheck/.

Share yuk!