Libur Telah Tiba.. Hore..Hore…Hati riang gembira. Yup tentu saja bagi sebagian orang tua yang anaknya sekolah di sekolah formal. Liburan sekolah jadi waktu istimewa. Mereka rehat dari aktifitas membersamai sekolah mereka dari pagi hingga sore hari. Apalagi sejak pandemi, sekolah online membuat emak lebih ekstra lagi membersamai mereka.

Tapi sejak akhir November hingga awal Januari, sekolah perlahan mulai melakukan Pelajaran Tatap Muka. Tentu saja mengikuti aturan di setiap daerah. So apapun itu kini waktu liburan telah tiba. Saatnya Me Time bersama anak-anak dengan rutinitas yang beda.

Jangan sampai liburan anak-anak terbuang percuma ya Mak. Pastikan kita selalu merencanakan liburan mereka dengan sesuatu yang bermanfaat.

Musim Liburan Sekolah: Ini Nasehat Asy Syaikh Ibnu Utsaimin Rahimahullah

Dalam Ad Dhiyau Al-Lami’ jilid 6/89, Asy Syaikh Ibnu Utsaimin Rahimahullah berkata :

“Kepada para orang tua hendaknya memperhatikan anak-anak mereka tatkala musim liburan belajar, menanamkan kepada mereka kecintaan untuk beramal, memanfaatkan waktu dari apa-apa yang bermanfaat bagi mereka. Mengawasi dan mencegah mereka berteman dengan orang orang jelek yang bisa menyesatkan dari jalan Allah.”

Tanamkan Kecintaan Anak untuk Beramal

Tanamkan pada anak sekolah bukanlah akhir dari kegiatan bermanfaat. Sekolah hanya salah satu jalan kita menjadi hamba yang bermanfaat.

Karena salah satu kewajiban kita di muka bumi ini adalah menuntut ilmu dan sekolah salah satu tempatnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”. (HR. Ibnu Majah.Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Ibnu Majah no. 224)

Apalagi bagi orang tua yang anaknya sekolah di Pondok jangan sampai semua kebiasaan baik selama di Pondok ( tilawah, Murajaah, puasa Senin Kamis, Qiyamullail, Dhuha) menjadi hilang selama liburan.

Selayaknya kebiasaan baik itu harus terus diamalkan sepanjang hidup tanpa ada kata libur. Bahkan kebiasaan itu ditularkan kepada anggota keluarga lainnya terutama adik-adik. Jadi liburan bukan berarti libur dari segala aktifitas rutin di sekolah.

Pastikan mereka tetap sholat tepat waktu, memurajaah hafalan mereka, tilawah dan amalan lain.

liburan-sekolah-nasihat-syaikh-utsaimin
Nasihat Syaikh Utsaimin Rahimahullah kepada orang tua kala anak liburan sekolah

Jadikan Waktu Liburan Sekolah Bermanfaat Untuk Anak

Usahakan membuat rencana bersama anak-anak. Liburan sekolah mau melakukan kegiatan apa. Pastikan pilihan mereka merupakan pilihan yang bermanfaat. Bebaskan mereka memilih dan mengemukakan alasan kepada memilih kegiatan tersebut.

Bisa les berenang, berkuda, menjahit, traveling dan kegiatan lain yang menyenangkan tapi bermanfaat untuk mereka.

Awasi dan Cegah Anak Berteman dengan Orang Jelek

Satu hal yang tidak bisa kita cegah adalah saat anak-anak liburan, mereka merasa lepas dari beban sekolah terutama tugas. Bahkan mereka merasa bisa bebas bermain dengan teman-temannya.

Baca Juga: www.rumahjuwita.com

Apalagi jika mereka berada pada lingkungan yang beragam karakter anak dan latar belakang orang tua. Jangan sampai liburan mereka menjadi sia-sia karena pengaruh lingkungan.

Awasi dan cegah mereka berteman dengan orang yang jelek. Bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam  mengambarkan teman yang baik dengan yang buruk dalam haditsnya berikut:

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْمِسْكِ ، وَكِيرِ الْحَدَّادِ ، لاَ يَعْدَمُكَ مِنْ صَاحِبِ الْمِسْكِ إِمَّا تَشْتَرِيهِ ، أَوْ تَجِدُ رِيحَهُ ، وَكِيرُ الْحَدَّادِ يُحْرِقُ بَدَنَكَ أَوْ ثَوْبَكَ أَوْ تَجِدُ مِنْهُ رِيحًا خَبِيثَةً

Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang sholih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat baunya yang tidak enak.” (HR. Bukhari no. 2101, dari Abu Musa)

Nasihat Syaikh Utsaimin Rahimahullah diatas harus kita tekankan pada diri kita dan kita dawamkan pada anak-anak. Meski liburan sekolah tetapi kita tidak pernah liburan dalam beramal.

Selamat berlibur para emak-emak luar biasa. Semangat membersamai anak-anak dengan cara masing-masing.

Share yuk!