new Enzyplex merubah segalanya. Sebagai penderita dispepsia saya selalu mengurungkan niat untuk menyantap banyak makanan saat merayakan hari kemenangan. Tapi setelah kenal dengan. new Enzyplex, ketakutan akan perut yang begah, penuh bahkan kembung disertai mual jadi sirna.

Tapi sejak kenal dengan suplemen lambung satu ini, saya jadi tahu rahasianya. Akhirnya saya bisa merayakan hari kemenangan dengan perut nyaman bersama new Enzyplex.

Dispepsia dan Cara Mengatasinya

Sebagai orang Minang (lebih familiar Padang) saya sangat familiar dengan makanan bersantan sejak kecil. Hampir setiap hari ibu saya menyajikan menu-menu bersantan seperti rendang, cancang, gulai daging, sate padang, soto Padang, asam padeh, kalio dan banyak menu asam pedas lainnya.

Yup, sejak sekolah SMA akhirnya saya mulai menderita sakit maag. Jika makan telat perut akan perih seperihnya. Jika banyak makan nangka, makanan bersantan maka perut saya akan terasa perih dan begah. Tidak nyaman sekali rasanya.

Sampai akhirnya saya tahu kalau saya menderita penyakit lambung atau lebih dikenal dengan dispepsia.

Dispepsia_new enzyplex

 

Dispepsia ini adalah gangguan saluran pencernaan bagian atas yang ditandai dengan munculnya rasa tidak nyaman disertai dengan gejala-gejala perut terasa penuh saat makan, kembung, cepat kenyang,  mual, muntah, nyeri, bersendawa, hingga dada terasa panas.

Dispepsia sendiri bahasa lainnya adalah sakit maag. Dia bukan penyakit tetapi tanda-tanda adanya gangguan saluran pencernaan. Sementara penyakitnya lambung banyak jenisnya diantaranya GERD dan tukak lambung.

Dalam IG Live Session yang digelar oleh Enzyplex Indonesia (@enzyplex.indonesia) feat Indonesian Food Blogger (@idfoodblogger) pada 24 April 2022 lalu bersama dr Michael Reo (Medical Senior Manager PT Darya Varia Laboratories Tbk), Dr Jeff (Dokter Spesialis Penyakit Dalam Siloam Hospital Kebon Jeruk dan Fiona (Indonesian Food Blogger), saya jadi punya insight baru tentang dispepsia.

Dengan mengusung tema “How to Manage Dyspepsia During Ramadhan with Enzyme Supplementation“, Dr Jeff dan dr Michael banyak berbagi ilmu bagaimana kita bisa mengatur keluhan pencernaan ini dengan tepat sehingga ibadah Ramadan lancar.

dr Jeff menyebutkan jika kita mengalami salah satu gejala diatas belum tentu kita mengalami penyakit dispepsia. Hal tersebut perlu diperiksakan terlebih dahulu untuk menentukan apakah kita mengalami dispepsia, GERD, tukak lambung atau penyakit lambung lainnya.

newenzyplex

 

Dijelaskan lagi oleh dr Jeff bahwa ada dua faktor penyebab dispepsia terutama di bulan Ramadhan yaitu:

1. Produksi asam lambung meningkat

Dari beberapa penelitian menemukan selama bulan Ramadhan produksi zat-zat di lambung seperti asam lambung mengalami peningkatan.

Asam lambung yang meningkat ini bisa merusak enzim-enzim pencernaan yang ada di tubuh kita. Akibatnya akan terjadi kekurangan enzim pencernaan sementara. Inilah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya gejala-gejala dispepsia.

 

2. Kebiasaan Makan Yang Buruk

Biasanya saat berbuka sebagian kita sering terburu-buru, makan sambil jalan, serta waktu makan yang tidak teratur. Inilah menjadi penyebab gejala dispepsia terjadi.

Apalagi realitanya masyarakat Indonesia biasanya berbuka dengan aneka gorengan, sambal kacang pedas dan arem-arem. Dicampur es dingin aneka rasa. Inilah penyebab gejala perut terasa penuh dan begah berawal. Asam lambung meningkat karena kebiasaan makan yang buruk.

 

Cara Mengatasi Dispepsia

 

1. Konsumsi Makanan Secara Bertahap

Dr Jeff menyarankan agar ketika menyantap makanan konsumsilah secara bertahap. Pertama kita bisa menyantap makanan manis seperti kurma, kolak dan koktail buah dengan porsi kecil. Jangan berlebihan agar kadar glukosa darah tidak tiba-tiba naik melebihi seharusnya.

Kemudian setelah shalat Magrib, kita bisa menyantap makanan yang mengandung karbohidrat, protein, sedikit minyak, ditambah sayur dan buah. Makanan jangan berlebihan sesuaikan dengan kemampuan perut kita masing-masing.

2. Terapkan Pola Kebiasaan Makan yang Baik

Pola makan yang tepat bisa mencegah terjadinya dispepsia. Janganlah makan terburu-buru, sesuaikan dengan jam makan. Kemudian pilihlah makanan yang sehat dengan nutrisi yang tepat ada karbohidrat, protein, sayuran dan buah. Jangan lupa minumlah air putih yang cukup.

atasidispepsia

3. Penuhi Kebutuhan Enzim Pencernaan dengan Suplementasi Enzim

dr Jeff menyebutkan bahwa mengkonsumsi suplemen enzim saat berbuka dan sahur bisa jadi solusi terbaik mengatasi gejala dispepsia.

4. Konsultasi dengan Dokter Ahli

Dr Jeff menyarankan bagi yang memiliki riwayat penyakit lambung agar berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan panduan mengatasi masalah lambung selama berpuasa.

 

newenzyplex solusi agar perut nyaman di hari istimewa

Cara Agar Selalu Nyaman Tanpa Dispepsia di Hari Kemenangan dengan new Enzyplex

Seperti yang disarankan oleh Dr Jeff, salah satu cara mengatasi dyspepsia adalah mengkonsumsi suplemen enzim. new Enzyplex adalah salah satu suplemen enzim yang bisa direkomendasikan dan telah terpercaya membantu banyak orang mengatasi masalah dispepsia mereka. Dan saya pun telah mencobanya.

Sejak menonton IG Live Session yang diselenggarakan @enzyplex.indonesia tersebut. Keesokkan harinya saya langsung mengkonsumsi new Enzyplex saat berbuka. Karena jenisnya suplemen lambung jadi saya tidak merasakan efek samping.

Dengan mengikuti saran dr Michael dan Dr Jeff saya mengkonsumsi sesuai dengan porsi saya. Memakan kurma, menyantap beberapa potong buah dan seteguk air putih. Kemudian saya menyantap satu buah gorengan kemudian meminum suplemen enzim dan menghabiskan gorengan kembali.

new Enzyplex jadi rahasia saya agar perut nyaman di hari-hari istimewa salah satunya dalam menyambut Hari Kemenangan

Meski saya belum mengkonsumsi secara teratur. Ada perubahan yang saya rasakan.

Biasanya saya merasakan perut terasa penuh dan asam lambung naik, tetapi sejak konsumsi suplemen saya tidak merasakan. Intinya kita harus bijak dalam mengkonsumsi makanan, tidak boleh terburu-buru dan sesuaikan dengan jam dan porsi makan kita. Alhamdulillah pola ini mulai saya terapkan hingga saat ini.

Baca Juga: https://rumahjuwita.com/tentang-rumah-juwita/

Tapi sesekali jebol juga pertahanan, tapi berkat new Enzyplex yang selalu saya bawa kemana-mana sedikit terbantu. Gejala dispepsia yang selama ini saya rasakan sedikit berkurang bahkan tidak datang sama sekali. Alhamdulillah atas izin Allah.

Saya sangat gembira, tidak saja saat puasa perut saya juga nyaman saat menyambut hari kemenangan bersama keluarga tercinta. Saya bebas makan apapun tapi tetap dikontrol.

Biasanya jujurly saya anti mencicipi setiap sajian saat bertamu ke rumah keluarga di hari raya. Tapi sejak kenal suplemen lambung ini, saya lebih tenang. Biar enzim Enzyplex membantu pencernaan bekerja lebih baik. Terima kasih new Enzyplex.

 

newenzyplex

Yuk kenalan dengan Suplemen Lambung new Enzyplex

Tahukah awalnya saya pikir ini obat maag lho, tapi ternyata new Enzyplex ini adalah suplemen enzim yang berkhasiat dalam menyeimbangkan lambung. Suplemen ini sangat direkomendasikan dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki gejala-gejala dispepsia (Termasuk saya).

Komposisi dari suplemen yang dibanderol dengan harga Rp. 10.000 ini per pack adalah amylase, protease, deoxycholid acid, dimethylpolisiloxane, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, niacinamide dan calcium panthothenate.

Suplemen lambung ini direkomendasikan untuk diminum 1-2 tablet per hari pada waktu makan atau sesudahnya atau menurut petunjuk dokter.

Dikutip dari laman hallodoc.com dijelaskan bahwa amylase dan protease termasuk enzim pencernaan. Enzim ini bekerja dengan mempercepat pemecahan (hidrolisis) dari molekul makanan menjadi komponen-komponennya (seperti sukrosa yang terpecah menjadi glukosa dan fruktosa). Enzim ini membantu pencernaan dan menurunkan spasme lambung.

Masya Allah ya cara kerja new Enzyplex ini. Sangat membantu para dyspepsia menjalani hari-hari dengan lebih nyaman. Sesuai dengan tagline mereka #MomenNyamanBersamaNewEnzyplex.

 

new_enzyplex

Dimanapun selalu sedia new Enzyplex (dok: pribadi)

 

Kini saya juga sudah jadi bagian dari new Enzyplex. Kemana-mana wajib bawa suplemen enzim satu ini. Tak hanya di hari kemenangan bahkan di hari-hari selainnya. Saya bisa menikmati berbagai makanan tanpa takut alami dyspepsia. Hidup nyaman bersama new Enzyplex.

Nah inilah pengalaman singkat saya yang membawa banyak perubahan pada diri saya bersama new Enzyplex. Semoga pola makan yang baik dan new Enzyplex tak ada lagi dyspepsia yang saya rasakan. Bye bye Dispepsia.

Cerita saya bersama new Enzyplex ini juga diikutsertakan pada Enzyplex Writing Competition bersama Indonesian Food Blogger. Yuk ikutan juga dengan menceritakan pengalaman keren kalian bersama Enzyplex!

 

[]

 

 

 

 

 

 

 

 

Share yuk!