Mak, percayalah nama pada anak kita adalah salah satu hal penting. Sehingga ia mempersiapkan nama yang baik anak kita sangat perlu dilakukan. Bahkan sangat peuntuk anak kita sejak mereka dalam kandungan.

Mungkin banyak pertanyaan? Kan belum tahu jenis kelaminnya. Simpel saja tinggal persiapkan dua nama satu untuk laki-laki satu untuk perempuan. Jadi saat buah hati kita lahir, kita tidak perlu lagi menghabiskan waktu berhari-hari, berjam-jam hanya untuk mencari nama buah hati.

Keuntungan Mempersiapkan Nama Sebelum Kelahiran Buah Hati

Banyak sekali lho keuntungan kita mempersiapkan nama anak sebelum mereka lahir.

1. Tidak Terburu-buru Memberikan Nama Anak

Dengan persiapan nama buah hati kita sebelum lahir membuat kita tidak terburu-buru. Percayalah saya sudah merasakan hal ini. Akibat tidak mempersiapkan nama jauh-jauh hari semuanya terasa buru-buru. Seperti kejar dateline.

2. Pas di Hati

Persiapan nama anak jauh sebelum kelahiran akan membuat hati kita siap. Klop di hati kita, di hati pasangan, hati keluarga. Percaya deh.

3. Memudahkan Urusan Administrasi

Ini poin paling penting sekali jika kita mempersiapkan nama anak jauh-jauh hari lho. Urusan terkait administrasi bisa lancar. Terutama pembuatan akte kelahiran, kartu keluarga dan urusan lainnya terkait administrasi.

4. Aqiqah Lancar sesuai Sunnah Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Salam

Tentu saja sebagai muslim, salah satu Sunnah yang hal penting adalah melakukan aqiqah kepada anak yang baru lahir.

Yang paling sesuai Sunnah Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam untuk aqiqah adalah pada hari ketujuh setelah kelahiran atau di hari-hari lain sesuai kemampuan orang tua.

Dan hal penting saat aqiqah adalah nama si bayi akan ada saat proses penyembelihan hewan aqiqah. Jadi tentu saja nama itu sangat penting kita persiapkan jauh sebelum kelahiran.

pemberian-nama-anak-sebelum-lahir

Anjuran Memilih Nama Baik

Tapi jangan hanya memberi nama asal nama ya. Karena nama itu mengandung doa

Berkata Ibnu ‘Utsaimīn rahimahullāh:⁣

Seorang insān wajib memilih nama untuk anaknya dengan nama yang tidak membuatnya diejek orang ketika dewasa, dan tidak pula disakiti karenanya, sebab terkadang seorang ayah merasa ta’jub dengan sebuah nama tertentu, tetapi dimasa yang akan datang sang anak akan disakiti karenanya, sehingga menjadi penyebab didalam gangguan bagi anaknya, dan sudah ma’lūm bahwasanya menyakiti seorang mu’min itu harām, dan wajib atasnya memilih nama-nama yang paling baik dan yang paling dicintai Allāh.”⁣

Baca Juga: http://www.rumahjuwita.com

as-Syarhul Mumtī’ 7/495⁣

Masya Allah, nasihat dari Ibnu Utsaimin diatas begitu luar biasa. ita sebagai orang tua untuk memberi nama bayi untuk anak kita.

Pilihlah nama yang mengandung doa ya. Semoga bermanfaat sahabat rumah Juwita
[]

Baca Artikel Lainnya di http://www.rumahjuwita.com

Share yuk!