Mak, kali ini saya mau cerita tentang cara simpan daun kemangi yang membuat membuat saya sangat penasaran. Meski banyak sekali berseliweran artikel tentang manfaat dan menyimpan daun kemangi tapi tetap saja saya tidak pernah berhasil menerapkannya.

Kenapa harus Kemangi?

Jujur saya penyuka lalapan dan salah satunya kemangi. Bahkan tidak hanya dilalap begitu saja, kemangi juga bisa diolah menjadi dengan makanan lainnya seperti ayam rica-rica, urap, karedok bahkan nasi goreng. Masya Allah aromanya itu lho Mak bikin saya nggak bisa move on.

Apalagi manfaat dari tanaman penyegar (tonikum) satu ini banyak sekali lho Mak dan saya merasakan sendiri. Hampir setiap hari saya mengkonsumsi daun satu ini. Cuma sayang belum sempat menanamnya sampai detik ini. (padahal mah malas, jangan d 00itiru ya mak)!

Kemangi Sehat dan Segar
Dibungkus kertas HVS

Manfaat Daun Kemangi

Nah ini manfaat versi saya ya Mak, yang sudah mengkonsumsinya selama dua tahun ke belakang:

1. Menghilangkan Bau Mulut dan Badan

Selama saya rutin memakan daun yang dikenal dengan basil ini bau badan saya perlahan hilang. Bahkan saya yang biasa harus menggunakan deodorant sejak rutin memakan daun ini, bau badan hilang.

2. Menyembuhkan luka

Saat itu anak saya kena pisau dan saya auto panik karena tidak punya P3K yang lengkap. Tapi dasar saya orang kampung yang biasa saat luka dibalur dengan rumput ilalang yang dikunyah saya langsung punya ide mengunyah daun satu ini (selalu ada stok di rumah).

Setelah saya kunyah, langsung saya balurkan di tangan anak yang luka. Kemudian biarkan hingga menggering. Dan hasilnya taraa… lukanya langsung tertutup dan atas izin Allah lukan menggering.

Tapi ini untuk luka ringan ya Mak.

Baca Juga: http://www.rumahjuwita.com

3. Menyegarkan Tubuh

Selain itu saya sering menjadikan kemangi sebagai infused water merendam daun satu ini ke dalam air atau campur dengan mentimun. Kemudian biarkan selama 6 jam. Rasa airnya sangat segar.

Kadang juga saya bikin green smoothies dengan buah dan daun lainnya. Asli bikin sehat tubuh. Coba deh, asli bikin ketagihan.

Banyak lagi manfaat lain daun kemangi ini lho Mak. Dilansir laman hellosehat juga manfaat lainnya adalah meredakan stress, menangkal radikal bebas, mencegah demam berdarah.

Tetapi digarisbawahi bahwa manfaat tersebut belum teruji secara klinik. Masih butuh penelitian lebih lanjut Mak. So, apapun manfaatnya kemangi tetap di hati saya Mak.

Maklum kenal daun satu ini saat merantau ke ibukota Jakarta. Saat kru tukang pecel ayam di pinggir Mall Cijantung. Sedap dan rasanya makin mantap pakai sambal terasi plus nasi hangat. Ups..

Cara Simpan ² Daun Kemangi

Daun Kemangi

Nah, balik lagi ke cerita awal Mak. Berbagai trial sudah saya coba. Mulai dari memasukkan ke dalam plastik yang ditiup, menyimpan di wadah kedap udara menggunakan tisu dapur, merendam di botol berisi air. Semua gagal dan dalam hanya bertahan satu hari. Setelah daun mulai menghitam dan tidak segar lagi.

Berikut cara menyimpan daun kemangi yang penuh manfaat versi Rumah Juwita:

#1. Belilah Daun Kemangi Segar

Saat membeli pastikan memilih kemangi yang segar. Jangan beli jika daun sudah layu. Biasakan membeli saat pagi hari di pedagang sayur karena biasanya saat pagi hari sayuran masih fresh.

#2. Sortir Lagi

Sesampai di rumah, sortir daun yang masih segar dan harus segera kita konsumsi. Cara ini akan membantu penyimpanan daun lebih tahan lama dan segar. 

#3. Sediakan Kertas HVS Putih

Tidak usah daunnya. Kemudian bungkuslah daun tadi di dalam kereta HVS per sekali konsumsi. Kertas berfungsi menyerap air yang jatuh dari daun saat menyimpan di kulkas. Sehingga daun terjaga kesegarannya. Daun tahan satu minggu.

#4. Simpanlah sesuai kebutuhan

Meski tahan lebih lama. Saya lebih menyarankan simpanlah sesuai kebutuhan saja. Tidak usah terlalu banyak Mak. Biar selalu fresh.

Daun Kemangi tetap segar meski sudah satu minggu
Setelah disimpan selama satu minggu

Jadi itulah pengalaman saya dengan daun satu ini dan beberapa manfaat daun kemangi yang saya rasakan Mak. Asli recommended dijadikan salah satu daftar daun herbal yang wajib dikonsumsi lho.

Bahkan katanya daun satu ini bagus untuk kualitas sperma laki-laki (baguskan untuk program hamil).

So, apapun itu Mak jika belum merasakan pengalaman langsung manfaatnya belum terasa lengkap dan belum percaya akan manfaat daun kemangi ini.

Jangan lupa share ya jika punya pengalaman lain tentang daun satu ini. Semoga bermanfaat. []

Share yuk!